Sosialisasi Kebijakan Penyelenggaraan Katalog Elektronik di Malang
07 Februari 2024 Pukul 16:25
|
Riz

Malang - Dalam rangka meningkatkan belanja produk dalam negeri (PDN) di lingkungan Kota Malang, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menggelar Sosialisasi Kebijakan Penyelenggaraan Katalog Elektronik pada Rabu (07/02). Melibatkan para Kepala Desa dan pelaku usaha lokal, giat dibuka oleh Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia LKPP Sutan Suangkupon Lubis. 


Pemerintah ingin meningkatkan kesempatan dan keterlibatan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Koperasi (UMKK) dalam transaksi belanja Pemerintah. Salah satunya melalui kebijakan kewajiban alokasi sebesar 40% dari belanja Pemerintah bagi UMKK. Pemerintah juga mendorong UMKK untuk masuk dalam Katalog Elektronik, baik  lokal maupun nasional. 


Dalam sambutannya, Sutan mengucapkan terima kasih kepada Kota Malang yang sudah sejalan dengan semangat yang digaungkan Pemerintah untuk berpihak pada PDN dan UMKK, khususnya Pelaku Usaha lokal Kota Malang. Ia juga mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Kota Malang yang mencapai 6,32%, melampaui target pembangunan 2023 yaitu sebesar 5,8 %.  "Capaian ini bisa diraih tentu karena upaya Pemerintah Kota Malang serta semangat, konsistensi Bapak/Ibu Pelaku Usaha yang terlibat aktif dalam peningkatan perekonomian di Kota Malang," papar Sutan.


Adapun tantangan bersama untuk mendorong optimalisasi penggunaan Katalog Elektronik, salah satunya untuk mendorong pelaku UMKK mengurus izin formal seperti Nomor Induk Berusaha (NIB). Dalam hal ini, LKPP melakukan upaya dari dua sisi, baik dari sisi memasifkan sosialisasi dan pendampingan pendaftaran sistem Katalog Elektronik. LKPP juga melakukan transformasi digital pengadaan dengan mengembangkan versi terbaru dari Katalog Elektronik untuk memudahkan pengguna. 


Sutan berharap semakin banyak produk lintas daerah yang dapat berkembang, misalnya untuk kegiatan di Aceh dapat membeli souvenir produk unggulan dari Malang seperti keripik tempe, keripik buah atau batik khas Malang. Kemudahan lain yang ditawarkan melalui penggunaan Katalog Elektronik adalah untuk mewujudkan belanja Pemerintah yang cepat, mudah, transparan, dan tercatat secara elektronik. 


Sebagai penutup, Sutan mengungkapkan harapannya agar kegiatan hari ini dapat dimaksimalkan untuk lebih memahami terkait Katalog Elektronik. Sehingga seluruh peserta yang hadir dapat mengoptimalkan penggunaan Katalog Elektronik, khususnya dari sisi Pelaku Usaha, untuk nantinya dapat memperkuat ekonomi lokal. Sedangkan dari sisi Pemerintah diharapkan dapat melakukan pendampingan UMKK dalam pengembangan produk, inovasi, kemitraan dan jaringan serta pemasaran. (riz)